Jika dilihat secara teknis WhatsApp API adalah sebuah bentuk interface yang memungkinkan integrasi antara aplikasi. Sehingga pengguna menjadi mudah dalam melakukan integrasi cross platform dalam satu paket.

WhatsApp API merupakan sebuah terobosan yang memudahkan pengelolaan secara mudah jika arus komunikasi dua arah memang tinggi. Biasanya fitur tersebut digunakan untuk integrasi marketplace menggunakan WA sebagai komunikasinya.

Jadi pada pembahasan kali ini kami akan membedah secara detail terkait manfaat teknologi tersebut. Apakah memang dapat Anda gunakan secara optimal sesuai fungsi atau justru memberatkan.

Cara Kerja WhatsApp API Secara Umum

Secara umum cara kerja interface tersebut adalah menggabungkan dua platform dalam waktu tempat sekaligus. Sebagai contoh ada integrasi antara facebook dengan WhatsApp yang dapat digunakan dalam satu waktu.

Integrasi tersebut merupakan cara kerja utama dari sistem API sehingga memungkinkan dua atau lebih perangkat terintegrasi. Struktur API yang bagus tentu membuat berbagai koordinasi menjadi mudah.

Ambil sebuah contoh korporasi menyediakan layanan call center dari portal resmi mereka. Dengan menggunakan WhatsApp ini maka lebih dari satu client akan mudah ditangani secara langsung.

Jadi jika dilihat secara umum ini seperti portal ketiga yang menghubungkan banyak client pada banyak server. Namun perantara yang digunakan hanya pada satu platform digital saja sehingga lebih efisien.

Dalam segi mekanis memang menjadi lebih efisien namun sayangnya secara teknis ini cukup kompleks. Tidak sembarangan orang bisa membuat API sendiri sehingga mampu bekerja secara optimal dengan trafik tinggi.

Pada kasus ini yaitu WhatsApp API developer memang memiliki banyak tim sehingga pembuatan integrasi tersebut masuk akal. Terobosan seperti ini tentu saja memberikan banyak manfaat bagi pengguna.

Hampir tidak ada kekurangan dari sudut pandang penggunaan ketika mengimplementasikan sistem integrasi tersebut. Sehingga wajar jika di Indonesia keberadaannya langsung populer dan digunakan banyak orang.

Ketika pemanfaatan teknologi seperti ini lebih optimal tentu saja mampu meringankan beban kerja. Terutama dalam bidang yang membutuhkan koordinasi dua arah dalam jumlah banyak.

Sehingga tidak terjadi bottleneck dalam struktur komunikasi yang membuat pelayanan menjadi buruk. Memang sampai sekarang penerapan API dalam negeri masih identik dengan pelayanan pelanggan.

Fungsi WhatsApp API dari Sisi Teknis

Dari sudut pandang teknis ada beberapa fungsi yang dapat kita jadikan sebagai acuan sebelum penggunaan. Pada segmen ini kami akan fokus membahas aspek tersebut sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai acuan kerja.

  1. Integrasi dua perangkat atau lebih

Dengan adanya WhatsApp ini, integrasi dua atau lebih device sebagai server akan menjadi lebih mudah. Jadi pelayanan pada pelanggan tidak perlu terjadi bottleneck yang menyebabkan pengurangan kualitas.

Bagi orang awam mungkin lebih mudah dijelaskan bahwa ini memungkinkan admin tidak terbatas. Dengan istilah tersebut tentu Anda menjadi lebih jelas terkait penggunaan secara teknisnya.

Sekilas memang sepertinya dengan adanya banyak integrasi perangkat akan membutuhkan sumber daya tinggi. Namun API ini membuat kebutuhan sumber daya menjadi jauh lebih efektif.

  1. Manajemen trafik komunikasi

Sebenarnya sistem seperti ini lebih lumrah digunakan sebagai alat manajemen trafik komunikasi dua arah. Bahkan sudah ada teknologi yang memungkinkan platform conference secara mudah.

Bagaimana hal tersebut dapat terlaksana karena adanya API sebagai interface perantara komunikasi. Tanpa adanya interface khusus tentu mustahil untuk melakukan manajemen secara kompleks.

Jadi bentuknya adalah perangkat lunak yang mampu digunakan sebagai platform digital. Langkah tersebut tentu dapat menjadi salah satu perantara paling mudah dan hemat biaya.

  1. Mencegah bottleneck

Bagi pengguna biasa mungkin WhatsApp API tidak dibutuhkan karena jumlah pesan sedikit. Namun bagaimana jika kasusnya adalah ribuan pesan dalam waktu satu jam saja.

Artinya ketika jumlah pesan setiap menit sudah ratusan tentu saja dapat memicu bottleneck. Jika platform dapat dioperasikan oleh banyak orang tentu hal tersebut tidak akan terjadi.

Ketiga fungsi tersebut tentu saja dari sudut pandang teknis saja terkait dengan perangkat lunak. Masih banyak fungsi lain yang mungkin akan lebih relevan dengan kebutuhan Anda sebagai calon pengguna.

Keunggulan dari Penggunaan WhatsApp API

Kami tidak akan menyinggung penggunaan personal karena fungsi dari application programing interface adalah untuk mainframe. Jadi ada beberapa keunggulan khusus dari segi teknis tersebut seperti berikut ini.

Sebenarnya tidak hanya ribuan yang dapat dimanajemen oleh penggunaan interface tersebut. Pada praktiknya sekarang program seperti ini mampu menghandle puluhan ribu pesan tanpa masalah.

Ini adalah salah satu keunggulan WhatsApp ini dari teknologi interface platform serupa. Jadi memang fungsinya untuk memanajemen banyak pesan dan ketangguhannya juga teruji.

Tidak hanya mampu menerima, namun kecepatan mengirimnya juga luar biasa. Apalagi ketika diintegrasikan AI atau BOT dalam platform tersebut sehingga kebutuhan admin manusia menjadi berkurang.

Blasting adalah salah satu istilah pengiriman pesan dalam jumlah puluhan ribu. Bahkan ketika mainframe dari platform memang memadai, melakukan jutaan pesan setiap jam bukan hal mustahil.

Jika dibandingkan dengan teknologi yang digunakan secara individu ini jelas jauh berbeda. Untuk kebutuhan marketing tentu saja ini adalah langkah promosi paling mudah dan jangkauannya luas.

Hanya dengan satu platform saja Anda bisa menjangkau jutaan orang setiap hari. Artinya jika dimanfaatkan untuk marketing akan memiliki potensi tinggi yang sangat menguntungkan.

Salah satu kelebihan penggunaan WhatsApp API adalah akun tidak akan pernah offline. Selama nomor yang digunakan masih aktif maka aktivitas akun juga akan selamanya berjalan.

Hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan integrasi mainframe seperti ini. Tanpa adanya integrasi tersebut tentu tidak mungkin sebuah akun akan hidup selamanya.

Memang dari tiga kelebihan tersebut dapat disimpulkan bahwa ini fokus pada penggunaan bisnis. Secara garis besar memang teknologi application programing interface memiliki tujuan seperti itu.

Mengetahui Kekurangan dalam Penggunaan WhatsApp API

Sebelum memutuskan penggunaan Anda sebaiknya mengetahui kekurangannya juga. Jadi bisa mempertimbangkan apakah memang ini cocok digunakan pada bisnis Anda atau hanya akan membebani saja.

Kita tidak hanya berbicara device untuk melakukan manajemen application programing interface. Namun dibutuhkan mainframe yang kokoh sehingga perangkat dapat terus bekerja.

Jadi tidak bisa seorang Individu dengan device personal menggunakan fitur tersebut. Dibutuhkan seperangkat device agar nantinya API dapat berjalan optimal sesuai dengan kapabilitasnya.

Jika hanya menggunakan komputer biasa atau handheld device jelas tidak akan menunjukkan performa optimal. Ini adalah salah satu alasan mengapa application programing interface rata-rata dijual oleh korporasi.

Mahal dalam arti pengoperasian dari nol sehingga cost kita hitung mulai pengadaan device. Namun jika menggunakan jasa sepertinya tidak akan terlalu mahal karena memang hanya kontrak saja.

Apabila Anda tertarik untuk membuat sendiri interface seperti ini kami sarankan lihat kemampuan finansial dulu. Karena membentuk underlying dari awal untuk kebutuhan pribadi justru kontra produktif.

Lebih bijak menggunakan jasa yang sudah bergerak dalam bidang tersebut agar cost semakin murah. Apalagi Anda tidak harus melakukan manajemen sendiri terkait teknis jika menggunakan jasa.

Pada saat sebuah nomor didaftarkan untuk sistem seperti ini secara otomatis fungsi personalnya menjadi hilang. Jadi kami sarankan jangan menggunakan nomor pribadi yang aktif.

Harus disediakan sendiri nomor khusus agar komunikasi personal dan bisnis tidak terganggu. Namun kekurangan ini sepertinya tidak akan terlalu berarti ketika sudah memiliki banyak nomor.

Berdasarkan pembahasan tadi tentu saja sekarang Anda menjadi lebih mengerti terkait teknologi ini. Penggunaan WhatsApp API akan optimal apabila diimplementasikan pada bidang yang relevan.

About Author

whapi