Perusahaan induk dari whatsapp api, Facebook & Instagram, resmi mengumumkan layanan wa Cloud API antarmuka pemrograman aplikasi.

WhatsApp API (Application Program Interface) sendiri adalah program yang ditujukan membangun software. Di kasus ini, software yang dibangun adalah wa. Wa Business API sendiri adalah platform premium untuk bisnis skala menengah hingga besar yang diharuskan pelanggan membayar biaya langganan. Ada juga Wa Cloud API digunakan untuk semua skala bisnis & tersedia secara gratis

 

What is the Official WhatsApp API for?

Berdasarkan keterangan dari perusahaan, Wa Cloud API adalah tool yang berbasis cloud untuk pengembang, tetapi tetap di-hosting oleh Meta. Jadi memilik bisnis/pengembang bisa menggunakan wa Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur & antarmuka yang bisa disesuaikan. WhatsApp Cloud API diklaim membantu pemilik bisnis & pengembang agar mengoperasikan wa secara ringkas.  Layanan tersebut tersedia secara gratis bagi pengguna wa Business Platform.

“Butuh waktu sebentar untuk pemilik bisnis/pengembang bisa mengakses layanan ini, mengembangkan langsung whatsApp yang disesuaikan, sehingga mempercepat waktu respon ke pelanggan menggunakan whatsApp Cloud API”.

Selain membantu pemilik bisnis/pengembang menyiapkan layanan pesan instan dengan cepat, Cloud API dinilai bisa membantu mitra memangkas biaya server yang mahal.

Fasilitas ini menjadi solusi agar pemilik bisnis dapat akses cepat ke fitur baru whatsApp Business. “Untuk mitra kami, layanan baru akan menghilangkan biaya server yang mahal & memberi akses instan ke fitur baru”.

Diperkaya fitur baru

Selama ini, belum banyak rincian fitur dari whatsApp Cloud API yang dipaparkan perusahaan. Tetapi menurut WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru whatsApp, kedepannya akan menghadirkan tool canggih & opsional, contohnya dukungan tautan pendek yang khusus & privat agar memudahkan pelanggan memulai chat.

Selain itu, wa akan menghadirkan fitur baru untuk layanan WhatsApp Business dengan dukungan multi perangkat. Saat fitur tersebut rilis, pengguna WhatsApp Business bisa menautkan sampai dengan 10 perangkat buat mengelola obrolan menjadi lebih nyaman.

Tetapi fitur ini adalah fitur berbayar untuk pengguna WhatsApp Business. Meskipun berencana memperkaya WhatsaApp Business dengan fitur berbayar, Meta mengeklaim tetap meningkatkan fitur WhatsApp Business dengan gratis di waktu mendatang.

 

 

 

About Author

whapi