Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

api whatsapp

Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan berbagai upaya untuik terus berkembang & mendapatkan suatu keuntungan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah mempunyai komunikasi yang lancar dengan pelanggan menggunakan Api WhatsApp Bisnis.

Fitur ini dianggap sebagai sebuah solusi tepat untuk berinteraksi dengan calon pelanggan secara mudah & efisien. Pelanggan yang puas adalah kunci sukses dari suatu bisnis, sehingga penting untuk memiliki fitur komunikasi yang bisa digunakan pelanggan untuk menanyakan terkait produk/jasa yang ditawarkan. Bagi kamu yang belum tahu tentang API WhatsApp Bisnis, pahami dulu dari penjelasan diberikut:

WhatsApp Business API: The Ultimate Guide To WhatsApp API (Feb 2022)

Pengertian Api WhatsApp

API WhatsApp Bisnis adalah suatu fitur resmi dari aplikasi WhatsApp yang didesain khusus yang memudahkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di dalam bisnis. API adalah singkatan dari Application Programming Interface, yaitu aplikasi yang memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lainnya secara sekaligus.

Jadi, API WhatsApp Bisnis juga bisa mengintegrasikan antara fitur pada sistem yang sudah ada dalam bisnis, contonya customer service dan CRM (Customer Relationship Management). Berbeda dengan WA Business yang tidak memungkinkan modifikasi/integrasi suatu  fitur canggih dalam waktu yang bersamaan.

Fungsi API WhatsApp

API WhatsApp Bisnis mempunyai berbagai fungsi untuk menjalankan bisnis. Diantaranya adalah:

  • Sebagai Asisten Virtual Customer Service

Pelanggan selalu menginginkan kenyamanan dan keamanan saat mencari solusi terhadap kendala yang didapat saat berbelanja. Whatsapp API Bisnis adalah sarana asisten virtual untuk pelanggan melakukan interaksi. Fitur untuk kemudahan itu adalah dengan WhatsApp Chatbot yang bisa menyapa konsumen & menjawab pertanyaan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Fitur ini akan memberikan retailer customer support selama 24/7 untuk membantu mengatasi suatu keluhan dari konsumen dengan lebih mudah tanpa menelepon call center.

  • Memberi Update pada Pelanggan Terkait Transaksi

Dari WhatsApp, suatu perusahaan bisa mengirimkan update pada konsumen tentang transaksi yang sudah mereka lalui, mulai dari konfirmasi pesanan, waktu pemesanan, sampai barang pesanan telah tiba. Begitu juga dengan after sales, contohnya jika terdapat suatu kendala pengiriman/barang pesanan, WhatsApp akan membantu mengelolanya. Pelanggan akan mendapatkan respon langsung untuk ditangani sesegera mungkin.

  • Dapat Diintegrasikan dengan Customer Service dan Sistem CRM Sales

API WhatsApp Bisnis memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan customer service & sistem CRM sales yang mungkin sudah punya sebelumnya. Integrasi ini disebut WhatsApp Automation yang memberi beberapa kelebihan diantaranya:

  1. Mengelola bisnis untuk customer service dan sales diintegrasikan dengan WhatsApp.
  2. Secara otomatis mendeteksi pelanggan dari WhatsApp/nama calon konsumen baru, setelah itu langsung disimpan didalam database CRM.
  3. Secara otomatis memasukkan tickets, deals/pesanan dari suatu percakapan WhatsApp, dan langsung disimpan didalam WhatsApp CRM.
  • Mempermudah Suatu Proses Pembayaran

API WhatsApp Bisnis mempermudah pelanggan untuk proses pembayaran, karena sudah terdapat fitur pembayaran seperti transfer bank, OVO/Go-Pay. Pelanggan cuma perlu membayar didalam sistem WhatsApp. Mudah, cepat, dan memberikan customer experience yang memuaskan.

  • Satu Nomor WhatsApp untuk Beberapa Admin

Kelebihan API WhatsApp Bisnis adalah satu nomor bisa diakses beberapa admin secara sekaligus. Ini bisa mepermudah perusahaan mengelola chat masuk & bisa melayani beberapa pelanggan dalam satu waktu. Pelanggan tersebut tidak perlu bingung untuk menghubungi banyak nomor/mengantri untuk dilayani.

  • Menghubungkan Pelanggan dengan Program Loyalitas Pelanggan.

Terkadang perusahaan retail memiliki program loyalitas pelanggan. Tetapi, sering pelanggan lupa program tersebut meskipun dirinya sudah terdaftar/bisa pelanggan susah melacak reward yang sudah dimiliki.

Untuk bisa mengatasinya, pelanggan bisa menggunakan WhatsApp untuk mengakses dan menghubungi mereka dengan program tersebut. Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkannya untuk mengelola poin/reward yang dimiliki. Dengan adanya aplikasi itu, perusahaan bisa mengirim penawaran lain & notifikasi terkait poin terbaru.

Fitur API WhatsApp Bisnis

Ada beberapa fitur canggih yang didapat untuk sebuah bisnis menggunakan whatsapp api Bisnis, daiantaranya:

  • WhatsApp Multi-User

Fitur ini memungkinkan satu nomor API WhatsApp Bisnis bisa diakses beberapa admin sekaligus melalui berbagai perangkat, sehingga respon untuk pelanggan menjadi lebih cepat.

  • Integrasi Chatbot

Dapat diintegrasikan oleh chatbot sehingga bisa digunakan mengirimkan pesan otomatis pada banyak pelanggan.

  • Otomatisasi WhatsApp

Fitur otomatisasi memiliki peran dalam mengunduh & menyimpan seluruh interaksi bisnis & pelanggan yang dijadikan satu di sistem database untuk diakses tim support saat melayani customer.

  • Rotator

Fitur rotator memiliki fungsi untuk melakukan alokasi agen perusahaan.

  • Integrasi dengan CRM

Fitur ini adalah add on yang bisa diintegrasikan dengan CRM yang bisa membantu bisnis berinteraksi & membangun hubungan dengan konsumen. Cara kerjanya dengan mengelola semua informasi mengenai pelanggan yang bermanfaat untuk mendorong kesetiaan pelanggan & meningkatkan suatu bisnis.

  • Laporan Analitik

Fitur laporan analitik bermanfaat untuk menyatukan semua interaksi pelanggan di sebuah dashboard. Laporan tersebut menampilkan trend penjualan, pencapaian suatu kerja tim, & data konsumen yang dipakai tim CS untuk bisa memberi pelayanan yang memuaskan.

  • Centang Hijau (Green Tick)

Adanya centang hijau (✅) di akun WhatsApp menandakan akun tersebut mempunyai bisnis/telah terverifikasi. Tanda tersebut dapat meningkatkan kredibilitas & kepercayaan konsumen di bisnis tersebut.

  • WhatsApp Broadcast Message

Fitur ini mempunyai tugas untuk mengirim suatu pesan ke pelanggan dengan jumlah yang tak terbatas di satu waktu. Sebagai efeknya, tenaga & waktu tim customer service menjadi lebih efisien karena melayani banyak pelanggan secara bersamaan.

Apa Aja Perbedaan API WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business

Tentunya mempunyai banyak perbedaan, contoh:

1. WhatsApp Business

  • Menyimpan nama dan nomor pelanggan yang dilakukan dengan manual.
  • Tidak bisa mengirim pesan blast.
  • Tidak bisa mengintegrasikan dengan CRM & Chatbot.
  • Tidak mempunyai centang hijau.
  • Saat perangkat utama offline, maka koneksi juga ikut terputus.
  • Hanya bisa digunakan satu nomor di satu smartphone & satu laptop.
  • Sinkronisasi & menyimpan riwayat percakapan yang dilakukan dengan manual.

2. API WhatsApp Bisnis

  • Secara otomatis bisa menyimpan nama & nomor pelanggan.
  • Bisa mengirim suatu pesan blast.
  • Bisa Mengintegrasikan di perangkat lain.
  • Adanya centang hijau.
  • Selama nomor yang dipakai masih aktif, akun WhatsApp juga ikut aktif.
  • Bisa dipakai banyak admin dengan jumlah yang banyak.
  • Secara otomatis bisa menyimpan riwayat percakapan.

Dapatkan API WhatsApp melalui Qiscus Multichannel Chat untuk meningkatkan pengalaman komunikasi bisnis mu bersama pelanggan. Ingin mencoba? Hubungi kami.